Header Ads

Menurut saya inilah cara optimasi seo onpage yang sebenar nya

Title Tag

Ada banyak sekali orang yang membuat title tagnya menjadi sangat panjang, bisa ada puluhan kata di dalam title tag. Ini bukanlah praktik yang baik karena semakin banyak kata di dalam title tag anda, maka setiap kata hanya akan mendapatkan poin yang kecil. Itu akan sangat mempersulit halaman web anda untuk menguasai kata kunci yang tertentu.
Title tag itu sebaiknya dibatasi 7-8 kata saja. Dan jika anda masih punya agenda untuk mengangkat kata kunci yang lain, maka sebaiknya buat halaman baru yang ditujukan khusus untuk optimasi kata kunci tersebut. Ingatlah untuk selalu memastikan tidak ada halaman web yang memakai title tag yang sama.
Yang perlu anda perhatikan adalah type dari website anda. Apakah website anda membahas banyak niche atau fokus pada niche tertentu saja.
Kalau website anda adalah website yang fokus pada niche tertentu, maka anda bisa menggunakan title tag untuk kata kunci paling berat di dalam website anda. Ini berbeda dengan mereka yang menggunakan banyak sekali niche yang berbeda di dalam satu websitenya. Jika website anda merupakan campuran dari banyak niche, maka halaman home hanya bisa menggunakan kata kunci yang umum. Kata kunci per nichenya bisa anda fokuskan pada halaman kategori.
Kata kunci yang umum itu seperti "berita terbaru" atau "portal berita" atau cukup hanya berisikan nama domain saja.
Yang perlu anda ketahui saat anda membuat website dengan banyak niche, maka anda sama saja membuat banyak website yang masing-masing berfokus pada satu niche. Jika anda membuat 5 niche berbeda, maka itu sama saja anda mengoptimasi 5 website yang berbeda. Jadinya akan sangat sulit untuk mengoptimasi banyak niche bersamaan di dalam satu domain. Satu sama lain akan saling mengaburkan fokus relevansi kata kunci di keseluruhan website.
Bagi anda yang pernah membuat website dengan niche yang beragam dan website dengan niche yang fokus, pasti bisa merasakan beda tingkat kesulitan dalam optimasinya. Anda harus bekerja keras melakukan update artikel dan juga mencari backlink jika nichenya campur aduk.
Saat membuat title tag di halaman artikel sebaiknya anda tidak perlu mengikutkan title tag dari halaman home atau brand anda. Kecuali anda memang berencana menjadikan brand anda menjadi kata kunci yang bisa dicari orang suatu saat nanti, maka silahkan mulai mengoptimasi brand menjadi kata kunci.

Rangkuman:
Optimasi SEO onpage untuk title tag itu sebaiknya maksimal 7-8 kata. Kalau ada banyak kata kunci yang ingin anda menangkan, maka buatlah artikel yang lain, itu akan jauh lebih mudah
Untuk website yang hanya membahas satu niche....kata kunci utamanya selalu dimasukkan di dalam title tag dari homepage. Sedangkan untuk website yang mempunyai banyak niche, maka kata kunci utama untuk masing-masing niche difokuskan pada halaman kategorinya.
Jangan pakai brand di title tag, kecuali memang itu fokus dari bisnis anda. Misalnya crystal x, vimax, dll.
Pastikan tidak ada halaman yang memakai title tag yang sama.

OPTIMASI SEO URL/LINK

URL atau bisa juga disebut dengan link, atribut yang satu ini tak kalah menariknya dengan description dan tag judul. karena URL ini akan berperan juga muncul di SERP. untuk kasus ini biasanya untuk url dianjurkan untuk membuat jangan terlalu pendek, namun sesuaikan dengan tag judul sebagai contoh misal kita membuat judul “makan kue enak dipasar senin” tulislah url sedemikian rupa

JUDUL HALAMAN

Judul halaman merupakan nama dari blog kita dan biasanya atribut ini ditandai dengan H1 atribut ini sangat penting sekali untuk mengatakan ke robot text bahwa blog ini mempunyai brand atau nama, kalau kita mengabaikan atribut ini tentunya buat robot txt akan bingung menentukan blog kita dipencarian, saran saya beri nama blog yang banyak dicari oleh pengguna internet agar mudah menemukan blog kita.

JUDUL ARTIKEL

Judul artikel merupakan atribut template yang kedua setelah atribut judul halaman, atribut ini biasanya ditandai dengan h2 untuk blogspot dan juga h2 dipakai untuk judul sidebar, untuk wordpress biasanya menggunakan h1, untuk kasus ini saya akan bahas dilain waktu kenapa penggunaan H1 dipakai untuk judul artikel di wordpress, jadi kesimpulannya tag-tag ini digunakan untuk nilai kepentingan data untuk robot taxt.

SUB JUDUL DALAM ARTIKEL

Sub judul Ini bisa dikatakan sebagai pelengkap, tapi dalam banyak kasus tambahan ini sangat baik dalam memperkuat onpage, tag ini biasanya ditandai dengan h3. Jadi tidak ada salahnya membuat sub-sub judul dalam pembahasan untuk menegaskan relevansi dari topik pembahasan.

CETAK TEBAL DAN MIRING

Cetak tebal atau miring juga sangat penting dalam optimasi seo onpage karena atribut yang satu ini merupakan atribut untuk menekankan keyword biasanya robot taxt akan memperdulikan akan hal ini sebagai kata yang paling dibidik. gunakan atribut bold dan bercetak miring ini sewajarnya saja, cukup dimunculkan yang pertama saja yang dicetak tebal atau miring. Kalau terlalu berlebihan juga bisa menggangu pembaca dan kalau kita berlebihan bukan malah baik malah kita terdeteksi spam.

BREADCUMB

Atribut ini yang akan mendata halaman kita dan breadcumb oleh google atau search engine yang lain sangat dianjurkan untuk data markup, untuk menerapkan breadcump di blogspot silahkan kunjungi cara membuat breadcumb yang capat terindex dipecaraian dan untuk pengguna wordpress sobat bisa terapkan atribut breadcumb dari yoast

Meta Description

Meta description adalah meta tag yang diletakkan di dalam halaman untuk membantu Google memahami konten dari halaman anda. Sifat dari meta description adalah rekomendasi, jadi Google tidak wajib menggunakannya. Terkadang Google membuat deskripsi sendiri. Jadi bagi anda yang tidak memasang meta description, peluang untuk menjadi ranking 1 masih tetap ada.
Meta description ini hanya membantu anda menargetkan kata kunci yang benar-benar anda inginkan. Dan jika Google setuju dan menganggap rekomendasi anda relevan, maka meta anda akan digunakan. Perlu anda catat bahwa panjang maksimal dari meta description ini adalah 150 karakter.
Apa fungsi dari meta description di dalam optimasi SEO onpage?  Fungsinya adalah memperluas target kata kunci untuk variasi long tail keyword. Kata-kata yang anda masukkan ke dalam meta description bisa diperhitungkan dalam peringkat kata kunci yang panjang. Misalnya anda adalah perusahaan yang menjual mobil dari berbagai perusahaan manufaktur, maka akan terlalu panjang jika anda memasukkan semua brand dan type ke dalam title tag. Anda bisa memasukkannnya ke dalam meta description.
Jadi jika di dalam meta description home anda bisa memasukkan merek seperti toyota, honda, daihatsu, mitsubishi, dll, maka anda bisa memasukkan type-type dari masing-masing brand mobil ke dalam meta description dari halaman kategori. Misalnya untuk kategori mobil toyota, bisa anda masukkan di dalam meta descriptionnya type agya, avanza, rush, yaris, fortuner, dll.
Pastikan setiap kata yang anda masukkan ke dalam meta description ini relevan dengan konten halaman dan bisa ditemukan di dalam halaman tersebut oleh pembaca.... minimal 3x pemunculan.

Rangkuman:
Atur penggunaan meta description anda untuk mendapatkan variasi kata kunci yang lebih luas
meta description maksimal 150 karakter dan relevan dengan konten halaman

Jika anda bisa melakukan 2 pengaturan pada bagian head dari halaman web anda ini dengan benar, maka anda sudah melakukan optimasi yang sangat penting dari SEO onpage. Jangan sampai anda gagal melakukan bagian yang ini atau optimasi anda akan sangat berat.

No comments