Header Ads

Menurut blogger artikel seri wawancara itu sangat menguntungkan

MEMBANGUN KREDIBILITAS ANDA

Keuntungan tidak langsung dari membuat seri wawancara di blog Anda adalah mendapatkan dukungan atas kredibilitas Anda di niche yang Anda tekuni. Mendapatkan kesempatan mewawancarai seorang tokoh yang disegani di niche yang Anda pilih akan memberi nilai tambah bagi diri Anda sendiri dan blog Anda.
Secara tidak langsung, Anda menerima “efek tetesan” otoritas dari responden yang Anda wawancarai (klik disini untuk mengubah blog Anda menjadi authority blog). Dengan terus berusaha menulis konten blog yang berkualitas setelah membuat seri wawancara, bukan tidak mungkin kredibilitas yang Anda dapatkan dari “efek tetesan” ini akan bertahan lama.


MEMBERI SUDUT PANDANG BARU BAGI PEMBACA BLOG ANDA

Dengan membuat seri wawancara, Anda memberi ruang bagi para pembaca blog Anda untuk mendapatkan sudut pandang baru mengenai suatu topik. Bisa jadi responden yang Anda wawancarai memiliki pandangan baru atau berbeda atau bahkan bertentangan dengan pandangan Anda.
Biarkan sudut pandang yang berbeda ini memberi warna konten blog Anda. Beri kesempatan pembaca blog Anda untuk memperluas perspektif mengenai suatu topik. Jangan merasa diri paling benar dan juga jangan takut kehilangan pembaca yang berbeda pandangan dengan Anda.
Terakhir, seri wawancara juga bisa menghindarkan pembaca blog Anda agar tidak merasa bosan kepada Anda.

MENCIPTAKAN ARTIKEL YANG PILAR

Artikel pilar (pillar article) adalah istilah yang pertama kali diciptakan oleh Yaro Starak, seorang blogger professional asal Australia, untuk menjelaskan suatu jenis artikel yang berfungsi sebagai konten utama blog, biasanya ditulis dengan mendalam, merupakan artikel rujukan/referensi, tidak terpengaruh waktu (bisa dibaca kapan saja), memiliki potensi menarik traffic dan mendapatkan link dari blog lain.
Beberapa istilah dengan makna yang sama dengan pillar article diantaranya adalah flagship content (Chris Garret) dan cornerstone content (Brian Clark). Dengan membuat seri wawancara yang memenuhi sifat-sifat diatas, Anda bisa menciptakan artikel pilar yang akan menyangga konten blog Anda di masa depan.

MENDAPATKAN KONTEN SECARA “GRATIS”

Salah satu keuntungan terbesar membuat seri wawancara adalah Anda mendapatkan konten untuk blog Anda secara gratis. Ya, Anda benar-benar tidak perlu membayar untuk mendapatkan konten yang berkualitas.
Bayangkan berapa uang yang harus saya bayar seandainya saya meminta seorang Darren Rowse, Jeremy “Shoemoney” atau Yaro Starak untuk menulis artikel di blog ini? Dengan mewawancarainya, saya bisa mendapatkan konten blog yang berkualitas tanpa perlu mengeluarkan uang sepeserpun (jangan lupa download ebook gratis hasil wawancara saya dengan Darren Rowse, Jeremy “Shoemoney” dan Yaro Starak).
Namun demikian, tentu saja harus dicatat bahwa Anda tidak mungkin memenuhi konten blog Anda seluruhnya dengan hasil wawancara. Konten pilar berdasarkan hasil wawancara tetap harus Anda batasi. Konten orisinal Anda sendiri tentu tetap lebih penting.

MEMBANGUN RELASI DENGAN TOKOH YANG ANDA WAWANCARAI


Membuat seri wawancara juga akan memberikan keuntungan jangka panjang berupa hubungan yang baik dengan responden yang Anda wawancarai. Bukan tidak mungkin jika suatu saat Anda membutuhkan opini atau pandangannya mengenai suatu topik, Anda bisa dengan lebih mudah menghubungi responden Anda lagi.
Secara pribadi, saya sendiri masih sering mengirimkan email kepada Yaro Starak untuk sekedar menanyakan sesuatu hal yang saya tidak tahu. Jika beruntung, seringkali hubungan selepas wawancara yang Anda lakukan ini bahkan berlanjut menjadi kerjasama atau blog networking bagi kedua belah pihak.
Siapa tahu Anda diajak bekerjasama oleh tokoh yang Anda wawancarai di niche yang Anda pilih.

No comments